Menaikkan Limit Kartu Kredit Lewat Telepon
Halo? Bisa tolong naikkan limit kartu saya? |
Hal berikutnya yang harus dipertimbangkan dalam memilih kartu kredit adalah soal menaikkan limit kartu kredit lewat telepon. Katakanlah kartu kredit Anda diterbitkan oleh bank yang loyal. Mereka akan senang dan dengan begitu mudah terus menambahkan limit
kartu kredit Anda. Bukan itu saja, sejak pertama kali Anda menerima
kartu kredit limitnya pun sudah spektakuler. Namun masalahnya hanya
satu: bagaimana jika suatu saat karena satu dua hal tiba-tiba kita
membutuhkan kenaikan limit mendadak atau sementara? Apakah memungkinkan? Bagaimana harus melakukannya? Kok ada limit mendadak atau sementara? Jelas ada!
Hidup tidaklah selalu berjalan dengan mulus. Jika Anda mengatakan bahwa
hidup bisa diprediksikan sebelumnya, Anda mungkin belum belajar banyak.
Contoh misalnya musibah atau bencana. Siapa yang pernah tahu kapan
musibah akan datang menimpa dirinya? Tentu tidak ada bukan? Seperti
kisah tentang teman kami yang mengalami kecelakaan
waktu dulu. Sebuah kartu kredit sudah berjasa menyelamatkan jiwanya.
Pertanyaannya adalah andaikata saat itu kartu kredit kami limitnya tidak
cukup untuk digesek membayar uang muka pengobatan atau perawatan, lalu
bagaimana dengan nyawa teman kami tersebut? Apakah kami bisa menghubungi
bank penerbit (card issuer) untuk mendapatkan kenaikan limit agar bisa menolong teman kami? Padahal waktu itu sudah larut malam. Bagaimana jika call center
bank tersebut tidak melayani 24 jam? Bisa Anda bayangkan? Nyawa yang
mestinya bisa ditolong pun akhirnya harus melayang karena kebodohan kita
sebagai konsumen dengan memilih bank yang payah. Untung saja limit
kartu kredit tersebut masih cukup buat digesek membayar uang muka. Jadi
pilihlah kartu kredit dengan sebaik-baiknya. Jangan mau dibodohin orang
marketing atau bankir!
Tadi adalah contoh kenaikan limit mendadak untuk kebutuhan urgent. Sekarang bagaimana dengan kenaikan limit sementara? Kenaikan limit
sementara biasanya hanya berlaku untuk beberapa minggu atau beberapa
bulan katakanlah ketika isteri Anda melahirkan atau kebutuhan dana
melancong ke Singapore selama 1 bulan, dsb. Karena berada di luar negeri
tentu penggunaan kartu kredit akan lebih sering. Anda bisa meminta
kenaikan limit sementara. Begitu kembali lagi ke Indonesia maka kartu kredit Anda akan kembali ke limit semula.
Apakah bank Anda bisa memberikan pelayanan seperti ini? Kalau bisa bagaimana caranya? Apakah bisa hanya menggunakan komunikasi telepon atau Anda harus datang ke kantor bank, mengambil formulir, mengisi data ini dan itu lalu difax kembali? Pilihlah yang bisa menaikkan limit hanya lewat sambungan telepon karena dalam kondisi mendesak kita tidak mungkin lagi bisa datang ke bank, mengisi formulir, mencari mesin fax, dsb. Seperti kasus teman saya yang kecelakaan tersebut. Mau ke bank besok hari teman kami sudah menghadap Ilahi.
Apakah bank Anda bisa memberikan pelayanan seperti ini? Kalau bisa bagaimana caranya? Apakah bisa hanya menggunakan komunikasi telepon atau Anda harus datang ke kantor bank, mengambil formulir, mengisi data ini dan itu lalu difax kembali? Pilihlah yang bisa menaikkan limit hanya lewat sambungan telepon karena dalam kondisi mendesak kita tidak mungkin lagi bisa datang ke bank, mengisi formulir, mencari mesin fax, dsb. Seperti kasus teman saya yang kecelakaan tersebut. Mau ke bank besok hari teman kami sudah menghadap Ilahi.
Karena kita tidak tahu kapan musibah itu datang dan kapan kita membutuhkan dana tambahan, maka adalah bijak jika kita memilih bank penerbit kartu kredit yang bisa menaikkan limit
cukup dengan sambungan telepon. Orang bank sendiri sering berkata bahwa
sekarang zaman modern, zaman digital, zaman iptek, zaman informasi,
masa untuk kenaikan limit saja harus berbelit-belit? Ini tidak
masuk akal dan tidak konsisten. Seperti kata Bung Karno: "tidak sejalan
antara ucapan dan perbuatan". Gunting kartu kredit Anda yang tidak bisa
menaikkan limit dengan sambungan telepon. Kembalikan saja ke bank
dengan sebuah amplop putih. Namun sebelumnya tuliskan besar-besar
dengan spidol tinta merah,
"Thanks for your card but now I'm say goodbye!"
Namun sebagai nasabah kita tidak boleh egois. Ingat, kita membutuhkan
bank dan bukan bank saja yang membutuhkan kita. Untuk bisa menaikkan limit kartu kredit seorang nasabah apalagi limit sementara
atau mendadak, bank memiliki beberapa persyaratan. Biasanya yang paling
menentukan adalah mengenai kelancaran Anda dalam membayar tagihan kartu
kredit selama ini. Jika lancar maka sudah pasti akan dengan mudah
disetujui. Sedangkan yang kedua adalah pola penggunaan kartu kredit
tersebut. Bank bisa mengetahui pola penggunaan kartu kredit kita hanya
dengan melihat transaksi-transaksi selama ini. Jika pola penggunaan
kartu menimbulkan curiga sudah pasti kenaikan limit Anda tidak
akan dipenuhi. Kalau pun dipenuhi biasanya kenaikannya terbatas sekali.
Kalau sudah begini, tentu lain lagi ceritanya. Itu kesalahan Anda
sendiri. Yang kami bicarakan di sini adalah penggunaan kartu kredit yang
normal dan pembayaran tagihan lancar tanpa ada masalah.
Bagaimana menurut Anda? Apakah kartu kredit di dompet Anda saat ini bisa dinaikkan limitnya hanya dengan sambungan telepon? Bagaimana bisa tahu? Ya Anda cobain dong iseng-iseng gitu. Kalau tidak dicoba mana bisa tahu? Jika tetap gagal dan tidak naik-naik, mungkin 10 jurus maut menaikkan limit kartu kredit bermanfaat buat Anda!